Tulis & Tekan Enter
Logo
images

2 LAGU ELVIS COSTELLO YANG MENYELAMATKAN JOKO ANWAR DARI PERCOBAAN BUNUH DIRI

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Halo, Unifers, apakah kamu pecinta musik tahun 70-an? Jika ya, bisa jadi kamu mengenal Elvis Costello dan mungkin akan senang membaca ini. Jika tidak, yuk berkenalan dengan sosok yang disebut “bapak” oleh Joko Anwar, sutradara kenamaan Indonesia.

Sebelum kita jauh bercerita, mari mengucapkan selamat ulang tahun untuk Elvis Costello yang hari ini genap berusia 67 tahun. Penyanyi sekaligus penulis lagu yang bernama asli Declan Patrick MacManus ini menghabiskan masa kecil hingga remajanya di London. Lalu kemudian setelah usianya 17 tahun, ia pindah ke Liverpool. Di sana untuk pertama kalinya, ia membentuk band, yang diberi nama Rusty. Setelah itu ia menyelesaikan sekolahnya dan kembali ke London, kota kelahirannya, dan membentuk band lagi yang dinamai Flip City, dengan gaya musik mirip rock pub.

Pada tahun 1975, Macmanus berkeluarga dan memiliki anak. Ia bekerja di perusahaan kosmetik untuk menghidupi keluarganya. Saat itu meski bekerja dia tetap terus menulis lagu. Pekerjaan tidak menghalanginya mencari kontak untuk karier solonya. Hingga akhirnya dengan modal rekaman, dia berhasil dikontrak oleh Stiff Records. Lalu, manajer pada dapur rekaman tersebut, Jake Riviera mengusulkan untuk mengganti nama panggungnya menjadi Elvis Costello, yang kita kenal sampai sekarang.

Pesona Elvis Costello mengisnpirasi terbentuknya U2, band legendaris asal Irlandia. Jika kamu tidak mengenal Elvis Costello, barangkali kamu tidak asing dengan U2 yang popular dengan lagu-lagu rocknya. Elvis Costellolah yang menjadi penyebab band tersebut lahir.

Kalau di lrlandia Elvis Costello menginspirasi band lain, di Indonesia ada satu orang yang mengaku pernah diselamatkan oleh musik Elvis Costello. Orang itu adalah Joko Anwar. Joko saat itu merasa tidak lagi cocok dengan hidupnya. Pada tahun 1997, ia mengalami masalah krisis ekonomi dan masalah internal yang membuat dia ingin mengakhiri hidupnya. Joko depresi dan mengurung diri di kamar, tidak makan, tidak minum. Dalam keadaan ready to go, ia berpikir butuh soundtrack untuk mengiringi kepergiannya. Ia mengambil asal saja kaset yang dia punya, dan bernyanyilah Elvis Costella di album Mighty Like A Rose miliknya. Mendengar musik yang diputarnya begitu ngena banget, Joko kemudian duduk lalu tertidur dan merasa Elvis Costello hadir di dalam kamarnya dan menceramahi dirinya.

Di album Mighty Like A Rose tersebut, ada dua lagu yang didengarkan Joko dan membuat dia tidak jadi melakukan percobaan bunuh diri. Lewat dua lagu itu, dia merasa ditampar dan disadarkan betapa bodohnya jalan pintas yang ingin dia ambil. Mulai saat itu, Joko kembali semangat menjalani hidupnya, lagu Elvis Costello mampu membuat dia bertahan hidup hingga kini.

Unifers, penasaran tidak lagu apa sih yang didengarkan Joko Anwar saat itu.?

All Grown Up

Lagu yang berada di urutan keempat pada album Mighty Like A Rose ini menjadi lagu pertama yang didengarkan Joko Anwar saat ingin melakukan bunuh diri. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang diterpa masalah, lalu Elvis Costello lewat All Grown Up mengatakan bahwa kamu belum layak mengaku menderita karena kamu masih muda. Mari kita lihat penggggalan liriknya..

All grown up

And you don't care anymore

And you hate all the people that you used to adore

And you despise all the rumors and lies of the life you led before

But look at yourself

You'll see you're still so young

You haven't earned the weariness

That sounds so jaded on your tongue

 

How To Be Dumb

Setelah All Grown Up, lagu kedua yang didengarkan Joko Anwar adalah How To Be Dumb. Jika kamu sedang ingin melakukan hal bodoh dalam hidupmu, entah karena didorong oleh rasa kecewa atau pun sudah putus asa, coba dengarkan lagu ketiga dalam album Mighty Like Rose ini. Jika masih ada sisa-sisa kesadaran dalam dirimu, sedikit makian Elvis Costello lewat liriknya akan membuatmu sejenak berpikir dua kali untuk mengambil langkah bodoh itu. Lagu Elvis Costello  ini juga mengajakmu, yok ayo yuk semangat lagi!

Now you've got yourself a brand new occupation

Every fleeting thought is a pearl

And beautiful people stampede to the doorway

Of the funniest fucker in the world

They're here to help you

Satisfy your desire

There's a bright future for all you professional liars

Now you know how to be dumb

Are you ready to take your place in the modern museum of mistakes?

Don't you know how to be dumb?

Like a building thrown up overnight in one of those reverse earthquakes

They emptied out all the asylums, they emptied out all the jails

 

Selain dua lagu di atas, masih banyak lagi loh lagu Elvis Costello yang menyenangkan untuk didengarkan. Kalau kamu sedang menyukai seseorang yang ternyata menyukai orang lain, kamu mungkin bisa mendengarkan lagu Tears At The Birthday Party. Kalau hatimu sudah patah tapi masih belum bisa berhenti mencintai, kamu bisa mendengarkan I Can’t Stand Up For Falling Down. Hingga kini Elvis Costello sudah mengeluarkan puluhan album, silakan didengarkan, siapa tahu salah satu lagunya ada yang kamu banget.

Sekali lagi, selamat ulang tahun, Elvis Costello. Teruslah bernyanyi!


TAG

Tinggalkan Komentar