Tulis & Tekan Enter
Logo
images

27 JENIS PERASAAN YANG TERNYATA PUNYA NAMA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Halo, Unifers, pernahkah kalian merasakan sesuatu tapi tidak tahu itu apa? Perasaan itu bisa berupa perasaan senang, kesal, sedih, frustasi, dan kadang datangnya tiba-tiba. Tidak jarang dari kita berusaha untuk mengabaikannya, tetapi tetap saja terasa dan tidak mau hilang. Nah, ternyata di dalam ilmu psikologi, beberapa dari perasaan-perasaan tersebut ada sebutannya. Dikutip dari PsyLine.id, yang merupakan sebuah situs Psikologi Online Indonesia, ada beberapa istilah psikologi yang menggambarkan perasaan manusia.

1. Accismus       

Pernahkah kamu berlagak tidak suka pada seseorang padahal kamu sebenarnya sangat menyukainya? Kalau pernah, berarti kamu sedang ada dalam kondisi Accismus. Berpura-pura tidak suka, padahal sangat suka.

2. Lethologica

Hampir semua dari kita sepertinya pernah lupa dengan kata yang ingin diucapkan. Bisa karena dipotong di tengah pembicaraan, teralihkan dengan kejadian sekitar, atau bahkan tidak ada pemicu apa-apa. Dalam ilmu psikologi kasus ini disebut Lethologica. Tiba-tiba lupa apa yang ingin dibicarakan, padahal sudah ada di otak.

3. Jouska

Saat melamun, saat sendirian di rumah, saat berkendara, atau bahkan saat mengerjakan sesuatu, kadang kita merasa sedang berdialog dengan diri kita sendiri. Ketika kita berbicara dengan diri sendiri di dalam pikiran kita, maka itu disebut Jouska.

4. Munchausen

Disaat kita merasa sedang diabaikan oleh seseorang, kita biasanya akan berusaha mencari cara mendapatkan perhatiannnya kembali. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah berpura-pura sakit atau sedih. Jika kamu melakukan ini demi mendapatkan perhatian, berarti kamu sedang Munchausen.

5. Lachesism

Ini adalah sebutan untuk kamu yang ingin merasakan selamat dari maut, seperti tenggelamnya kapal di lautan bebas ataupun kecelakaan di darat dan di udara.

6. Erotomania

Pernahkah kamu mendapati seseorang mencuri-curi pandang ke arahmu sambil tersenyum? Lalu kemudian, kamu kegeeran dan mulai yakin orang tersebut sangat tertarik denganmu. Jika keyakinanmu benar, maka selamat. Tapi bagaimana jika tidak? Hem, sepertinya kamu sedang mengalami Erotomania, yaitu keyakinan bahwa seseorang jatuh cinta kepadamu, padahal sih sebenarnya tidak.

7. Altschmerz

Sebutan ini untuk kamu yang khawatir akan hal yang sama terus-menerus sampai membuatmu tidak tertarik lagi akan hal tersebut. Tapi, kamu tetap saja mengkhawatirkan hal itu.

8. Adronitis

Sebutan ini untuk kamu yang sedang frustasi karena tidak bisa mengenal lebih dekat dengan seseorang yang sudah lama kamu kenal.

9. Kuebiko

Pernahkah kamu merasa tidak berdaya dan putus asa untuk menghentikan kejahatan yang terjadi di dunia ini? Jika pernah, berarti kamu mengalami Kuebiko.

10. Liberosis

Ini merupakan sebutan ketika muncul keinginan di dalam dirimu untuk sama sekali tidak memedulikan suatu hal tertentu yang sedang terjadi.

11. Onism

Ketika kamu merasa sangat bosan menunggu keberangkatan pesawat, menunggu keberangkatan  kereta, atau menunggu apapun yang harusnya dilakukan tepat waktu, maka kamu sedang merasakan Onism.

12. Occhiollism

Ini merupakan sebutan untuk kemampuan kamu melihat suatu hal secara detail dari pandangan pribadi. Misalnya, kamu melihat bentuk jerapah di awan.

13. Sonder

Ketika kamu merasakan munculnya anggapan dalam dirimu bahwa setiap orang pasti mempunyai kehidupan yang rumit, serumit hidupmu. Maka, itu berarti kamu sedang berada dalam kondisi yang disebut Sonder.

14. Rubatosis

Pernah tiba-tiba merasa kamu bisa menghitung detak jantungmu? Jika ya, berarti kamu berada dalam kondisi Rubatosis. Kondisi ketika kamu sadar dan bisa menghitung jumlah detak jantungmu sendiri.

15. Vemodallen

Kamu emosi karena hasil fotomu selalu sama dengan hasil foto orang lain dari objek yang sama. Itu berarti kamu sedang mengalami Vemodallen. Kondisi di mana kamu merasa frustasi terhadap hasil gambar yang dianggap selalu sama dengan milik orang lain.

16. Vellichor

Jika kamu sedang membaca buku, kemudian kamu terhanyut dengan tulisan yang ada di dalamnya dan ikut terbawa emosi ceritanya, itu berarti kamu sedang merasakan Vellichor.

17. Monachopsis

Ini merupakan sebutan ketika muncul perasaan yang memberi tanda bahwa kamu sedang tidak berada di tempat yang tepat.

18. Opia

Ketika kamu menatap mata seseorang dan kamu mengetahui apa yang sedang dia rasakan, entah itu sedih, takut, ataupun marah, maka kamu sedang merasakan Opia.

19. Enoument

Kamu berhasil meraih impian yang sangat kamu dambakan, tetapi kamu tidak bisa menjelaskan bagaimana proses kamu menggapainya, maka kondismu disebut Enoument.

20. Mauerbauertraurigkeit

Istilah ini agak sulit disebut ya, Unifers. Hehe. Mauerbauertraurigkeit adalah perasaan ingin membuang atau meninggalkan teman, pacar, atau sahabat dekat karena kita merasa telah dikhianati. Inilah yang dirasakan seseorang ketika mau putus dengan pacarnya.

21. Kenopsia

Sebagian dari kita mungkin pernah berada di tempat yang ramai, tapi tetap merasa sepi. Rasa kesepian yang datang tiba-tiba, padahal kamu sedang berada di suatu tempat yang ramai dan berisik, itulah yang disebut Kenopsia.

22. Chrysalism

Apakah kamu takut ketika mendengar petir? Bisa jadi kamu sedang mengalami Chrysalism, yaitu perasaan takut dan khawatir ketika ada petir, meskipun kamu sudah berada dalam kondisi yang aman.

23. Anecdoche

Kamu berada dalam kondisi yang masing-masing orang saling berbicara satu sama lain, dan tidak ada satupun yang mau mendengarkan, maka iu disebut Anecdoche.

24. Ellipsism

Kita mungkin pernah atau sering merasakan sedih secara tiba-tiba, tetapi kita tidak tahu apa penyebabnya. Kondisi ini biasanya disebut Ellipsism.

25. Exulansis

Ini adalah sebutan untuk rasa putus asa yang melanda saat kamu bercerita tentang suatu pengalaman kepada orang lain yang tidak akan bisa memahaminya.

26. Ruckkehrunruhe

Kamu senang sekali ketika pulang ke kampung halaman setelah lama pergi merantau, itu berarti kamu sedang merasakan Ruchkkehrunruhe. Agak susah menyebutnya, tapi itulah sebutan untuk perasaan senangmu.

27. Nodus Tollens

Kamu tiba-tiba menyadari perjalanan hidupmu adalah perjalanan hidup yang tidak biasa, lalu kemudian kamu merasa emosi akan hal itu. Kamu sedang merasakan Nodus Tollens.

Jadi, pernah merasakan yang mana nih, Unifers? Salah satu atau semuanya?

 


TAG

Tinggalkan Komentar