Tulis & Tekan Enter
Logo
images

3 JURUS AMPUH BIAR KAMU RUTIN BACA BUKU ALA PATJAR MERAH, FESTIVAL LITERASI DAN PASAR BUKU KELILING NUSANTARA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Artikel ini lahir setelah melihat postingan di akun media sosial Patjar Merah, Unifers. Setelah kami pikir-pikir lagi, sepertinya penting untuk memberikan jurus ampuh buat bisa rutin baca buku. Ya meskipun ada yang bilang secara histori, orang Indonesia itu sebenarnya akan lebih paham sebuah informasi atau pengetahuan baru dari bercakap-cakap, itulah mengapa angka membaca buku di negara ini rendah. Tapi tidak masalah juga kalau kamu menemukan pengetahuan dan informasi baru itu lewat aktivitas membaca, bukan?

Ngomongin soal baca membaca, ada banyak orang di muka bumi ini yang punya preferensi berbeda-beda. Ada yang senang mencari tahu bagaimana manusia diciptakan lewat kitab suci, ada yang mencarinya lewat buku-buku filsafat. Ada yang ingin mencari tahu bagaimana dunia tercipta lewat buku-buku sains, ada yang mencarinya lewat buku-buku yang penulisnya percaya soal teori konspirasi.

Intinya kita punya selera berbeda dalam mencari tahu sesuatu yang membuat kita penasaran. Ini sebenarnya adalah pintu pertama yang bisa kalian masuki jika ingin mulai menyenangi membaca buku. Ingat, semua orang bisa kok melakukannya. Kamu kalau ketemu buku yang membuatmu malah bisa ketiduran, mungkin hanya belum ketemu buku yang membuatmu begadang semalaman untuk menyelesaikannya saking serunya. Untuk itu, ini adalah beberapa jurus agar kamu bisa lebih rutin membaca buku.

1. Mulailah dengan Rasa Ingin Tahu terhadap Sesuatu

Ada yang pernah bilang, rasa ingin tahu mengalahkan segalanya dan meruntuhkan apa pun yang menghalangi. Sepertinya ini bisa kamu coba. Awali kesenanganmu membaca dengan rutin melakukannya lewat rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Kesimpulannya sih coba lebih peka saja sama sekitar.

Kamu mungkin pernah penasaran, kok bisa ya kelelawar tidurnya terbalik? Apa ngga puyeng tuh kepalanya? Nah kamu bisa tuh membaca artikel di website ini. Kamu bisa menemukan jawabannya di buku sains atau di buku-buku elektronik soal kelelawar.

Suatu saat kamu berjalan di tengah keramaian orang dan memutuskan makan di sebuah gerai makanan cepat saji. Saat menikmati makanan, kamu melihat seorang anak seusiamu sibuk menggendong adiknya sembari mencari kardus atau botol bekas di tengah tumpukan sampah. Kamu pun mulai penasaran, apakah mereka tidak rajin ya sampai hidupnya seperti itu? Apa mereka dikatakan miskin karena memang ibunya dulu kurang berusaha? Untuk mencari jawabannya, kamu bisa membaca banyak buku-buku soal bagaimana sistem negara memiskinkan warganya, bagaimana susahnya mencari uang hanya karena aturan yang terlalu memberatkan warga.

Jadi untuk bisa terus membaca dan rutin melakukan itu tanpa bosan, peliharalah rasa penasaranmu akan sesuatu. Rasa penasaran itu tidak akan pernah hilang atau habis. Setiap hari akan selalu ada sesuatu baru yang tidak mampu kamu temukan jawabannya, dan buku adalah sesuatu yang siap memberikanmu itu.

2. Ikut atau Buat Tantangan Membaca untuk Diri Sendiri

Beberapa hari lalu, seorang penulis bernama Andi Gunawan menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan gangguan pada otak dan fungsi hatinya. Jauh sebelum Andi meninggal, tepatnya sekitar 2020 lalu, Andi sempat menggaungkan untuk rutin membaca dan menulisnya dengan tema-tema yang berbeda tiap hari.

Ada hari di mana kamu menceritakan soal orang tuamu. Jadi ya mau tidak mau, jika orang tuamu masih ada, kamu akan lebih “membaca” mereka lagi agar bisa menuliskannya dengan baik. Poinnya, kamu bisa membuat tantangan menulis dan membaca sekaligus buat dirimu sendiri.

Kalau kamu skip pada tantangan di hari tertentu, kamu bisa menebus itu di hari lain. Tapi mencoba konsisten untuk itu tidak akan pernah salah, Unifers. Cobalah!

Kamu pun bisa membuat tantangan untuk dirimu atau mencari tantangan membaca di internet. Misal, dalam minggu ini kamu harus menuntaskan buku yang baru kamu baca setengah-setengah saja selama ini. Akan lebih baik jika kamu mau menuliskannya di internet biar orang bisa membaca betapa menariknya buku itu. Sebab bukan tidak mungkin dari tulisan dan ulasanmu, akan ada orang lain yang penasaran dan tergerak mencari bukunya.

3. Ikut Diskusi untuk Menghidupkan Keinginan Membaca

Berada dalam lingkaran yang mendukung kegemaranmu adalah previlese. Jadi jika kamu menemukannya, tolong jangan dilepaskan. Misal, di sekitarmu tidak ada teman-temanmu yang suka membaca. Mungkin ada, tapi mereka lebih sibuk menenggelamkan diri dengan pekerjaan sampai tidak punya lagi waktu lebih. Kamu pun berinisiatif untuk datang ke sebuah klub buku, sebagai orang baru tentu saja.

Biasanya orang-orang di klub buku akan menyambutmu dengan hangat. Merangkulmu bak teman lama yang baru jumpa lagi. Kamu, bisa menumbuhkembangkan selera membacamu dari klub itu. Kalian pun bisa bertukar referensi buku yang kalian pikir bagus.

Jadi selamat mencoba, Unifers. Semoga ini bisa membantumu~


TAG

Tinggalkan Komentar