3 KEMAMPUAN UTAMA YANG WAJIB KAMU MILIKI SEBELUM LULUS KULIAH

...

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Kalau artikel kemarin sudah ngomongin soal kenapa punya IPK tinggi itu penting bagi mahasiswa, sekarang yuk kita pindah pada bahasan soal kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sebelum lulus kuliah.

Kemampuan yang akan kami jabarkan nanti bisa memberikanmu gambaran betapa kerasnya dunia kerja di luar sana dan kamu sebaiknya harus membekali diri sejak dini. Sebab kamu tidak akan pernah tahu ada berapa banyak orang yang menjadi pesaingmu untuk satu bidang pekerjaan tertentu. Ada berapa banyak orang yang belajar dan usaha mati-matian demi mendapatkan posisi kerja yang sama dengan yang kamu inginkan.

Tenang, selain memberikanmu gambaran, kamu pun bisa mulai mengurangi rasa insecure-mu setelah kamu setidaknya sudah memiliki tiga kemampuan di bawah ini. Jangan lupa dibaca hingga tulisan ini selesai ya. Mari kita bahas~~

1. Networking 

Hari ini semua orang dituntut untuk berjejaring satu sama lain. Selain akan mendatangkan rejeki, berteman dengan banyak orang pun akan membukakanmu banyak peluang kolaborasi yang menghasilkan. Seseorang pernah mengatakan, bertemu dengan 10 orang tiap hari akan membuatmu setidaknya punya 1 tujuan hidup yang jelas. 

Karir yang baik datang dari networking yang luas dan baik pula. Tidak ada yang salah dari pertemuan dengan orang baru. Sebab kamu bisa mengambil banyak pelajaran dari satu orang, meski menurutmu dia adalah orang yang menyebalkan. 

Memiliki networking, apalagi dengan orang-orang penting, akan memberikanmu keuntungan mendapatkan surat rekomendasi. Misalnya, kamu akrab dengan dekanmu yang bergelar Profesor dan kamu ingin lanjut kuliah S-2. Nah, surat rekomendasi dengan dekanmu ini akan memberikanmu nilai plus. Apalagi kalau dia menuliskan hal-hal yang baik tentangmu dengan sangat personal. Wah peluang banget nih!

 2. Soft Skill

Keterampilan umum atau inti, termasuk berpikir kritis, memecahkan sebuah masalah, berbicara depan umum, berkomunikasi yang baik, melakukan presentasi, kemampuan mendengarkan, literasi digital, kemampuan bekerja sama dengan tim atau bekerja secara individu, ambisi, motivasi, hingga kepercayaan diri dapat digolongkan dalam soft skill. Biasanya soft skill ini berasal dari karakter seseorang. Ada beberapa orang yang memiliki kepercayaan diri. Kepercayaan diri ini mengantarkannya menjadi orang yang mampu berkomunikasi dengan baik di depan siapa saja, mampu membawakan presentasi dengan sangat mulus, hingga tidak mudah malu dan cepat akrab dengan siapa saja.

Kamu pun tetap bisa melatihnya dari sekarang, ya meski kami tadi mengatakan ini mirip dengan karakter seseorang. Tapi tidak ada salahnya kamu mulai belajar secara perlahan. Misalnya, berdiri di depan cermin dan berbicara sendiri. Cobalah susun kalimat presentasimu dengan sistematis agar semua audiens hanya memerhatikanmu. Cobalah mulai membaca apa itu literasi media dan bagaimana caranya mengasah kemampuan berpikir kritis. Cobalah menumbuhkan motivasi dan ambisimu terhadap sesuatu.  

3. Hard Skill

Berbeda dari soft skill yang lebih condong pada karakter seseorang, hard skill sendiri merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki oleh seseorang untuk pekerjaan tertentu. Contoh hard skill ini mulai dari desain web, akuntansi, programming komputer, menerjemahkan bahasa asing, editing, dan lain sebagainya.

Kemampuan hard skill ini bisa diasah oleh seseorang. Apabila saat ini kamu menempuh pendidikan di sebuah jurusan yang lebih banyak praktiknya, maka kamu akan dituntut oleh dosenmu untuk menguasai sebuah aplikasi tertentu, belajar membuatnya, hingga menganalisis dampaknya. Kemampuan seperti itu bisa menjadi patokanmu saat melamar pekerjaan.

Jadi itulah tadi ketiga kemampuan yang wajib kamu miliki sebelum lulus kuliah. Sebenarnya soft dan hard skill ini tetap bisa diasah. Tinggal kemauanmu saja yang harus diperbaiki. Tetap semangat untuk belajar banyak hal baru ya!

Leave Comment

@UniVfajar

Press ESC to close