Tulis & Tekan Enter
Logo
images

3 RESEP LAUK BUAT MAHASISWA PECINTA DAGING DENGAN BUDGET PAS-PASAN, DIJAMIN ANTI RIBET PART 1

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Unifers, kita pasti sepakat ada banyak jenis makanan di muka bumi ini. Banyak dari makanan tersebut mengunggah selera kita, tapi tidak ada eksekusi lanjutan karena kita tidak bisa, tidak mau, dan tidak tahu harus diapakan.

Nah, artikel kali ini difokuskan buat kamu yang suka makan daging tapi bingung apa saja yang bisa kamu lakukan dengan bahan dasar berprotein tersebut. Jangan galau. Kami akan memberikanmu resep olahan daging dan sejenisnya. Besok-besok dicoba di kosan ya!

1. Ikan Bakar

Kalau kamu adalah tipikal orang yang suka makan ikan, maka semoga resep pertama ini bisa membantumu.

Pertama, tentu saja belilah ikan yang kamu suka. Ikan bakar biasanya dibuat dari ikan yang cukup besar, mulai dari ikan gurame hingga bandeng. Pilihlah jenis ikan semacam itu ya. Langkah kedua, pergilah ke pasar kalau tempat tinggalmu tidak pernah dilalui oleh penjual ikan. Beruntunglah kamu kalau ada penjual ikan yang melintas di depan kosanmu. Jadi kamu tidak perlu pergi terlalu jauh.

Langkah ketiga, mintalah penjual ikannya untuk membersihkan ikan yang kamu beli. Biasanya gratis, tapi ada juga yang berbayar seribu hingga dua ribu. Setelah itu, bawa masuk dan cuci kembali. Kamu bisa membakar ikannya dengan meminjam teflon di dapur kosan kalau tidak punya pembakaran ikan sendiri. Pastikan apinya kecil ya.

Sembari menunggu ikannya dibakar, buatlah sambelnya. Kalau sambel kesukaan kami sih biasanya sambel kemangi. Cukup sederhana membuatnya, kamu hanya perlu tomat, cabe, dan tentu saja daun kemangi. Beri sedikit kecap agar lebih sedap. Ikan bakar dan sambelnya siap dihidangkan.

2. Sop Ayam

Sop ayam adalah pilihan menu bagi kamu yang tidak terlalu menyukai sayur-sayuran yang berdaun, tapi tetap mau memenuhi gizimu dengan sayur. Nah, kalau kamu memutuskan buat sop ayam, kamu tidak hanya bisa memakan ayamnya sebagai lauk, tetapi juga ada kuah dan beberapa sayuran padat sebagai sayur sekaligus.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan tentu saja sayur kesukaanmu. Pake wortel, kentang, atau apapun yang kamu suka. Boleh pake tomat agar tambah segar, tapi pastikan kamu menghabiskan sop ayamnya hari itu juga karena besok rasanya mungkin agak aneh sebab ada tomat di dalamnya.

Setelah sayur dipotong dan dicuci bersih, kamu boleh merebus ayam yang sudah kamu potong-potong sesuai seleramu tadi. Jika ayam sudah setengah matang, masukkan sayur-sayurannya. Ingat, kalau kamu punya sayuran berdaun, masukkan saat semua sayuran padat dan ayamnya masak ya, biar tidak terlalu lembek dan vitaminnya terjaga.

Kalau soal bumbu, sebenarnya banyak bumbu sasetan sop ayam yang dijual. Tapi kalau kamu tipikal yang suka masak bumbunya sendiri, kamu cukup menghaluskan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, dan garam, serta bumbu penyedap. Setelah halus, tumis sedikit, masukkan bersama air dari ayam yang sedang direbus, sayur, lalu selesai. Berikan bawang goring di atasnya sebagai pelengkap.

3. Martabak Mie

Kalau mau buat ini, kamu cukup punya modal telur dan mie goreng merek apapun. Mie rebus sebenarnya oke juga, tapi kami tidak yakin rasanya selezat mie goreng. Jadi kami tetap akan menyarankanmu menggunakan mie goreng saja.

Cara buatnya sederhana sekali. Kamu hanya perlu merebus mienya terlebih dahulu. Setelah matang, masukkan mie tersebut ke dalam mangkuk yang di dalamnya sudah ada kocokan 2 atau 3 telur. Aduk rata semuannya. Oh ya, kamu boleh memasukkan bumbu mie instan tadi ke dalam telur, tapi kalau kamu suka. Kami sih ogah. Sebab akan lebih nikmat memakannya hanya dengan sedikit taburan bumbu penyedap, lada, dan garam.

Setelah semau tercampur rata, masukkan ke dalam wajan yang sudah panas. Pastikan wajan atau teflonnya cukup besar ya. Setel kecil apinya agar matang merata. Balik setelah kecokelatan. Setelah itu, martabak mie sudah bisa dihidangkan.


TAG

Tinggalkan Komentar