Tulis & Tekan Enter
Logo
images

3 RESEP LAUK BUAT MAHASISWA PECINTA DAGING DENGAN BUDGET PAS-PASAN, DIJAMIN ANTI RIBET PART 2

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya soal resep lauk buat mahasiswa yang suka makan daging tapi malas masak karena cenderung ribet. Sekarang mari kita masuk pada resep keempat!

4. Ayam Ungkep Goreng

Resep kali ini berbahan dasar ayam. Kami ngga tau nih Unifers harga ayam sekilonya sekarang berapa. Terakhir sih 36 sampai 40 ribu. Akan lebih baik kalau kamu belanja ayam segar di pasar, bukan di penjual depan kosan. Biar kamu bisa dengan mudah memilih bagian ayam mana yang kamu suka.

Kalau sudah punya ayam, cucilah ayammu di kosan. Setelah itu buat bumbu ungkepnya. Bumbunya sih bumbu dasar saja, mulai dari bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, sedikit jahe. Haluskan semua bumbu dan tumis dengan sedikit minyak. Setelah selesai, masukkan bumbu tumis tadi dalam panci yang telah terisi air. Masukkan ayam dan masak dengan api sedang.

Pastikan kamu mematikannya setelah air rebusannya meresap ke dalam ayam. Buka tutup panci dan biarkan hingga suhu ruang. Setelah itu masukkan ke dalam wadah tertutup (boleh Tupperware) agar kualitasnya tetap terjaga. Simpan di dalam freezer dan ambil jika ingin digoreng. Buatlah sambal sebagai pelengkap. Mudah, bukan?

5. Oseng Tahu, Sosis, dan Kentang Balado

Menu selanjutnya berisi sosis, kentang, tahu, atau bakso yang dioseng dengan bumbu balado. Kalau ini, kamu boleh menyesuaikannya dengan seleramu ya. Kalau malas mengupas dan memotong kentang tipis-tipis, kamu boleh skip dan gunakan bahan yang lain saja ya.

Pertama, rebus dulu bakso dan sosismu. Setelah itu potong kecil dengan ukuran yang sesuai dan goreng keduanya. Kedua, goreng tahumu tapi jangan terlalu lama dan berkulit. Potong kecil dan sisihkan. Ketiga, buat bumbu baladomu dengan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit jika kamu suka pedis. Haluskan semua dan tumis hingga matang.

Setelah itu, matikan kompor dan masukkan bakso, tahu, dan tahu tadi dalam bumbu balado. Aduk sampai rata. Sebenarnya kamu tidak perlu mematikan kompor jika tidak pake kentang. Kalau kentangnya ada, mematikan kompor dan mengaduk semuanya dalam keadaan suhu ruang bisa tetap membuat kentangnya garing. Setelah itu, semua siap disantap. Masukkan dalam kulkas dan panaskan lagi jika sudah lebih dari 3 hari suhu ruang ya.

6. Telur Goreng Bumbu

Kalau kata anak kosan sih biasanya telur adalah sahabatku. Sebab di kala mereka lapar tengah malam dan tidak ada apa-apa selain telur, maka telur mampu menjadi solusi. Sekarang kami akan memandumu membuat telur goreng bumbu.

Sederhana saja bumbunya, kira-kira mirip bumbu balado tadi. Bedanya, kamu harus menggoreng telur terlebih dahulu. Usahakan pinggirannya garing ya. Jika sudah, aduk bersama bumbu balado tadi. Selesai dan siap disantap dengan nasi panas.

Selamat mencoba, Unifers!


TAG

Tinggalkan Komentar