Tulis & Tekan Enter
Logo
images

4 RESEP MASAKAN DENGAN BUDGET PAS-PASAN BUAT MAHASISWA VEGETARIAN, DIJAMIN ENAK DAN ANTI RIBET

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Di masa pandemi ini, mengonsumsi sayur dan buah seperti menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, makanan yang sehat akan menambah imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai macam virus, seperti Covid-19.

Buat Unifers yang bosan di rumah dan malas memesan makanan cepat saji karena takut virus juga ikut masuk ke kosan, ada baiknya kamu mulai membuat saja makananmu sendiri. Artikel ini khusus bagi Unifers yang vegetarian, gemar makan sayur, atau yang lagi diet rendah lemak dan protein.

Kami akan membagikan beberapa resep berbahan dasar sayuran, tempe, tahu, dan telur yang bisa kamu coba di kosanmu. Selain bagus buat tubuh, semua resep ini juga dijamin tidak membuat kantongmu kebablasan. Kamu bisa menjamin makanan yang masuk dalam perutmu higenis dengan mulai membuatnya sendiri. Mari kita coba!

1. Capcay Kuah atau Goreng

 (gambar: masakapahariini.com)

Salah satu makanan vegetarian yang tetap enak meski hanya dengan sayur adalah capcay kuah. Kami sebenarnya menyarankanmu untuk membuat capcay kuah saja ketimbang capcay goreng. Selain karena rendah lemak dengan tidak memakai minyak, capcay rebus juga jauh lebih sehat karena vitamin dalam sayur tidak menghilang karena harus digoreng lagi.

Kamu boleh membuat capcay kuah atau goreng hanya dengan memanfaatkan sayur-sayur yang kamu punya. Biasanya, capcay dibuat dari sayur kol, wortel, sedikit sawi hijau, atau kembang kol. Kamu boleh merebus sayur tersebut, tapi jangan sampai terlalu lama.

Lanjut, masukkan bumbu penyedap, garam, dan lada di dalam kuah. Aduk semuanya hingga rata. Sembari menunggu, kamu boleh memecahkan telur dan mengaduknya. Berikan sedikit tepung kanji yang sudah dicairkan ya agar rasanya lebih kental. Jika punya sosis, ampela, atau bakso, kamu boleh menambahkannya. Jika tidak, cukup dengan bawang goreng dan sepiring nasi hangat saja.

2. Cah Kangkung

(gambar: blogspot.com)

Cah kangkung alias sayur kangkung tumis ini dibuat tentu saja dari sayur kangkung. Ingat, cara potongnya dengan miring-miring ya, Unifers. Setelah itu, tumis bersama sedikit minyak, potongan cabe, bawang putih, dan terakhir tambahkan saus tiram. Tidak perlu memakai garam lagi karena saus tiram ini sudah asin.

Kamu boleh menambahkan bakso atau ampela sebagai campurannya. Jika tidak ada juga tidak mengapa. Selamat menikmati!

3. Tempe Mendoan dan Oseng Tempe dan Kacang Panjang

(gambar: youtube.com)

Kita memerlukan tempe sebagai bahan dasar. Kalau mau buat tempe mendoan, kamu cukup menyiapkan adonan berupa tepung, beri bubuk bawang putih, beri lada, penyedap rasa, garam, lalu potongan daun bawang, dan beri air. Jangan sampai adonan terlalu kental dan terlalu cair.

Masukkan tempe yang sudah dipotong tipis-tipis ke dalam adonan. Goreng ketika minyak sudah panas. Pastikan minyaknya tidak terlalu panas. Balik jika sudah kuning keemasan. Mendoan pun siap disajikan dengan nasi panas dan cabe rawit.

Sementara kalau mau buat tempe bacem atau oseng tempe, kamu harus memotong kotak tempe-tempe tersebut. Ketika sudah matang digoreng, angkat, dan aduklah tempe tadi dengan kecap, saos, dan kacang panjang yang sudah direbus. Terasa lebih nikmat jika diberi sedikit saus tiram. Oseng tempe pun siap dinikmati.

4. Tahu Orek Telur

(gambar: telurasin.com)

Kalau kata orang, tempe tahu tidak pernah salah hehehe..

Cara membuatnya sederhana sekali. Kamu cukup menggoreng tahumu terlebih dahulu setelah dipotong kotak. Jangan sampai berkulit ya.

Setelah matang, sisihkan. Sekarang tumis bawang merah dan bawang putih, lada, merica, garam, bersama telur yang dioral-arik. Nah, masukkan tahu yang disisihkan tadi. Beri siraman kecap. Lebih nikmat jika diberikan bawang putih cincang yang sudah direndam minyak. Makan dengan nasi hangat. Dijamin sedap deh!

Jadi mau coba menu yang mana dulu nih, Unifers?


TAG

Tinggalkan Komentar