Tulis & Tekan Enter
Logo
images

BEBERAPA KEMUNGKINAN KENAPA KAMU BISA DIHILANGKAN SECARA PAKSA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Selamat hari internasional penghilangan paksa, Unifers. Selain hari penghilangan paksa, hari ini juga hari orang hilang sedunia. Tujuan dirayakannya hari ini, sebagaimana yang dikutip dari situs KontraS, ingatan kolektif semacam itu menjadi sangat penting untuk terus dipelihara. Apalagi beberapa dekade terakhir, keluarga korban penghilangan paksa di seluruh dunia masih berada dalam ketidakpastian dan terpenjara ketidaktahuan. Sementara ingatan tentang orang-orang terkasih kian memudar, harapan untuk dipertemukan secara fisik pun masih jauh panggang dari api.

Kalau kamu ingat bagaimana saat Orba orang-orang secara paksa dihilangkan karena tujuan politik, bisa dikatakan sampai sekarang pun di seluruh dunia, masalah politis mungkin saja masih menduduki peringka teratas sebagai jawaban mengapa ini semua terjadi. Unifers, pada artikel kali ini, kami akan menjabarkanmu beberapa alasan kamu bisa “dihilangkan” secara paksa. Setelah membacanya, semoga kamu bisa mendapat gambaran dan memahami kalau tidak semuanya yang benar akan selalu benar di mata “orang-orang itu”.

1. Terlalu Lantang Bersuara

Terlalu lantang bersuara menjadi penyebab pertama kamu bisa dihilangkan loh, Unifers. Maksudnya, kalau kamu terlalu vokal membicarakan sesuatu yang jadi pro kontra. Misal, soal kebijakan pemerintah atau apa saja yang menyenggol orang-orang berkuasa.

Kalau kamu hanya cerita pendapatmu sama orang terdekat, mungkin tidak akan berpengaruh, ya. Tapi kan kamu adalah media. Ketika kamu menyuarakan semuanya di apa pun aplikasi yang kamu miliki, kamu bisa dikatakan terlalu latang dan bukan tidak mungkin menjadi target.

2. Kamu Tahu Sesuatu yang Segelintir Orang Tidak Mau Kamu Menyebarkannya

Biasanya ini berkenaan dengan data atau informasi yang tidak diketahui oleh khalayak, tapi kamu mengetahuinya. Mungkin kamu adalah peneliti, orang yang bekerja di media, atau orang biasa yang tanpa sengaja saja mengetahui informasi itu.

Kalau “mereka” mengetahuimu mengetahui sesuatu, kamu akan dikejar dan dibungkam, kalau tidak ya dihilangkan agar kamu tidak menyebarkan informasi itu ke lebih banyak orang. Informasi yang bagimu mungkin biasa saja akan menjadi luar biasa dan sangat rahasia bagi mereka yang berkepentingan.

3. Kamu Tidak Punya Pengikut, Tapi Tulisanmu Dibaca Banyak Orang

Sekali lagi ini berkenaan dengan para penulis atau mereka yang bekerja di media. Sama saja, kalau kamu dapat informasi lantas mereka tahu kamu punya peluang, kamu bisa terancam nih, Unifers.

Kamu tidak perlu menjadi influencer, kamu cukup menulis dan menyebarkannya agar lebih banyak orang yang membaca. Informasi yang kamu beberkan pun akan menyebar dengan sangat cepat. Satu-satunya pilihan mungkin saja menghilangkanmu.

4. Pengikutmu Banyak dan Kamu Mampu Memengaruhi Orang

Kalau tadi kamu tidak punya kuasa mengendalikan dan memengaruhi orang karena bukan influencer atau publik figure, sekarang kita bahas bagaimana kalau kamu adalah orang-orang itu. Ya makin terancamlah kamu. Sudah informasimu penting, medianya kamu punya, massanya ada, apa lagi?

Jadi, itulah Unifers beberapa kemungkinan yang bisa menjadi alasanmu dihilangkan paksa atau secara sukarela di bawah ancaman. Mulai hari ini, mari kita saling berhati-hati ya.


TAG

Tinggalkan Komentar