Tulis & Tekan Enter
Logo
images

( gambar : booksc.org )

MENGENAL BOOKSC.ORG: REFERENSI BUKU DAN JURNAL GRATIS ANDALAN MAHASISWA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Ketika menjadi seorang mahasiswa, kita dituntut untuk menuliskan apa pun dengan menggunakan nalar yang benar, logis, dan dibuktikan lewat data-data valid. Sebab semua tugas yang dikerjakan bersifat ilmiah dan perlu sistematika yang jelas. Mungkin ada banyak Unifers di sini yang suka kebingungan nyari referensi baik itu berupa jurnal atau buku.

Mau beli buku cetak tapi harganya mahal, mau mengakses jurnal tapi harus masukin nomor kartu buat debit, atau situsnya hanya pake bahasa tertentu sampai kurang bisa dipahami. Nah, di sini kami bakalan membahas satu situs jurnal dan buku yang bisa kamu akses secara gratis nih, Unifers.

Namanya adalah booksc.org. Situs ini sudah menjadi situs wajib bagi mahasiswa di luar Sulawesi dalam mencari referensi. Alasannya sederhana, situs ini gratis, menggunakan bahasa Inggris, dan aman. Jadi mari kita memulai bulan Agustus ini dengan sedikit meluangkan waktu mencari lebih banyak soal situs gratis demi referensi tulisan yang lebih mantap.

APA ITU BOOKSC.ORG?

Jadi booksc.org adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai macam referensi ilmiah buat mahasiswa. Tidak hanya referensi ilmiah saja, beberapa buku fiksi pun ada di sini. Buku berbahasa Indonesia juga disediakan. Tapi tentu tidak up to date ya, karena memang situsnya lebih berfokus pada tulisan-tulisan ilmiah. Situs ini punya banyak sekali referensi, ada 8.136.794 buku dan 84.837.646 artikel ilmiah. Banyak sekali, bukan?

BAGAIMANA CARA MENCARI REFERENSI DI BOOKSC.ORG?


Misalnya, kamu mau nyari soal Entrepreneur. Kamu bisa mengetikkan di kolom pencariannya tentu saja. Pilih “General Search” lalu ketikkan kata kunci berupa tema, atau nama penulis, atau DOI artikel, atau jurnal, dan lain sebagainya. Tapi ingat, karena situs ini berbahasa Inggris, semua kata kunci yang kamu gunakan juga harus bahasa Inggris ya.


Kalau hasilnya sudah muncul, kamu akan lihat di bawah setelah “Search Options” ada tulisan “Books” dan “Articles 500+”. Kamu bisa mengakses buku yang berhubungan dengan Entrepreneur di bagian Books dan mengakses jurnal atau tulisan ilmiah lainnya di bagian Articles.

Sekarang perhatikan sisi sebelah kanannya. Terdapat ukuran file dan formatnya. Kami menyarankanmu mencari file dengan format PDF terserah ukurannya berapa saja. Ada pula pilihan nama penulis, tahun, dan bahasa yang digunakan dalam buku tersebut. Jadi kamu bisa menyesuaikannya.


Ini adalah salah satu contoh ketika kamu meng-klik satu judul buku. Kamu akan diperlihatkan sinopsisnya, kategori, penerbit, jumlah halaman, ISBN, tahun terbit, bahasa yang digunakan, dan ukuran file. Setelah membaca sinopsis buku dan kamu masih ragu mengunduhnya, perhatikan di sisi bawah. Ada tulisan menguduh (pdf, 1,98 MB). Kalau kamu meng-klik itu secara otomatis filenya akan terunduh.

Oh ya, kalau kamu meng-klik referensi yang tidak dalam format PDF, pada kolom mengunduh akan ada pilihan. Kalau kamu sudah sign in di situs ini, kamu bisa mengunduhnya dalam bentuk PDF, apa pun format yang kamu pilih. Tapi kalau tidak, kamu hanya bisa mengunduh berdasarkan format yang kamu pilih tadi.

Salah satu keuntungan lain kalau kamu sign in di situs booksc.org adalah kamu bisa mengunduh 10 hingga 15 referensi dalam sehari. Berbeda kalau kamu tidak sign in hanya akan dibatasi 5 referensi saja dalam 24 jam.

Lanjut, pada bagian pratinjau, kamu yang masih ragu bisa melihat beberapa halaman awal referensi tersebut. Biasanya 10 lembar pertamanya. Kalau sudah oke, kamu bisa lanjutkan dengan menguduh. Kamu pun diberi fasilitas mengirimnya ke email. Ini sangat berguna kalau ada temanmu yang membutuhkan referensi itu dan kamu malas meng-copy link. Kamu pun bisa membaca referensi itu nanti dengan meng-klik tulisan “Simpan untuk membaca nanti”.

Menariknya, booksc.org juga memberikanmu rekomendasi bacaan yang sesuai dengan kata kunci yang kamu maksudkan. Sangat berguna karena kamu bisa melihat bacaan-bacaan menarik.

Jadi gimana nih, Unifers, masih ada alasan buat nulis tanpa referensi? Hehe..


TAG

Tinggalkan Komentar