MERAYAKAN HARI GERAKAN SATU JUTA POHON SEDUNIA: MENILIK KEMBALI MENGAPA KITA LEBIH BUTUH POHON DIBANDING BETON

...

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Hari ini adalah hari gerakan satu juta pohon sedunia, Unifers. Hari di mana seharusnya akan ada banyak kelompok yang mulai membuat agenda untuk menanam pohon di kawasan tertentu. Kalau libur semester ini kamu tidak punya rencana lain, kamu dan teman-temanmu boleh banget loh buat join kegiatan menanam pohon ini.

Makassar sendiri, seperti yang kamu lihat, mulai beranjak gersang seiring tuntutan untuk semakin meninggikan bangunan dan membuat beton, jalan raya, dengan mengorbankan pohon untuk ditebang. Kalau kamu sudah lama tinggal di Makassar, masih lekat mungkin diingatanmukenangan di mana Pettarani masih memiliki beberapa pohon meski pohon-pohon tersebut hanya dijejer sebagai pembatas jalan.

Tapi seperti lirik yang dikutip dari Website Silampukau, kota tumbuh kian asing, kian tak peduli. Layaknya manusia, kota tumbuh dan berkembang. Ia tidak stagnan. Segala tuntutan menyertai dari zaman ke zaman. Ada satu hal yang luput disadari oleh orang-orang, layaknya manusia, sekali lagi, kota, sejatinya juga mampu hidup dan mati—jika manusia di dalamnya tidak mengelolanya dengan baik.

Pada tulisan kali ini, kami akan memberikanmu beberapa alasan mengapa kita sebenarnya lebih butuh pohon dibanding beton, mengapa kita sebenarnya harus mempertahankan pohon sebagai bagian dari kehidupan manusia.

Pohon Menghasilkan Oksigen

Manusia tidak bisa hidup tanpa oksigen. Pernyataan ini menjadi begitu akrab ketika covid masuk ke Indonesia dan ketika ingatan tentang banyaknya pasien yang meninggal karena tidak mendapat tabung oksigen kembali muncul. Sebegitu pentingnya oksigen.

Penelitian yang dilakukan oleh Mohammad Hasroel Thayib, pakar lingkungan dari Universitas Indonesia, sebagaimana yang dikutip melalui Kompas.com, menunjukkan bahwa satu pohon jika dikonversi ke rupiah, rata-rata menghasilkan oksigen senilai Rp1.174.000 per harinya. Betapa kita sebagai manusia dan makhluk hidup lain membutuhkan pohon sebagai penyuplai oksigen setiap harinya.

Pohon Mengurangi Zat Pencemar Udara

Makassar, dan beberapa kota besar lain di Indonesia tentunya memiliki pabrik yang buangan berupa asapnya mampu mencemari lingkungan. Asal tebal tersebut, apalagi yang pekat, mengandung karbondioksida. Selain asap pabrik, seperti yang dikutip dari Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman, dan Pertanahan, dan Pertanahan, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak pun ikut memberi sumbangsih pada pencemaran udara.

Pertanyaannya adalah, apa yang berbahaya dari karbonmonoksida? Jawabannya, masih dari sumber yang sama, asap tersebut tidak hanya mengandung karbonmonoksida saja, tapi juga mengandung sulfur dioksida dan asam sulfat. Apabila semuanya dicampur dengan air hujan, maka akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit dan bukan tidak mungkin menimbulkan korosi.

Pohon Menahan Laju Air dan Erosi

Selain sebagai peneduh, penghasil oksigen, dan mampu mengurangi zat pencemaran udara, pohon ternyata juga mampu memberi banyak kepada makhluk hidup. Buktinya, pohon pun mampu menahan laju air dan erosi. Kamu pasti akrab dengan situasi di mana suatu daerah yang dibabat habis hutannya akan lebih berpotensi banjir dibanding daerah yang punya banyak pohon.

Sebuah penelitian yang dipaparkan dalam Bogorkab.go.id memberi gambaran bahwa hutan mampu membuat lebih banyak air terserap dalam tanah sekitar 60-80 persen. Kemampuan ini membuat keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Secara spesifik seperti yang dijelaskan dalam KlikHijau.com, beberapa jenis pohon yang andal menyerap dan menyimpan air mulai dari pohon bamboo, pohon aren, pohon beringin, hingga pohon randu.

Tidak hanya itu, selain menahan laju air, banyak penelitian pun menunjukkan jika akar pohon berfungsi menahan erosi tanah. Erosi merupakan pengikisan tanah lapisan atas oleh air, angin, atau es. Jadi tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.  

Jadi itulah tadi Unifers manfaat penting sebatang pohon bagi kehidupan kita. Mari bersama menjaga bumi, mari bersama menanam pohon. Cheers!

Referensi

Admin Disperkimta. (2020). Arti Penting Pohon Bagi Kehidupan. Bulelengkab.go.id, dilihat 7 Januari 2022, https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/arti-penting-pohon-bagi-kehidupan-49

Lukyani, Lulu. (2021). 4 Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan. Kompas.com, dilihat 7 Januari 2022, https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/07/214500923/4-manfaat-menanam-pohon-untuk-lingkungan?page=all

Redaksi Klikhijau.com. (2021). Pohon-Pohon yang Andal Menyerap dan Menyimpan Air untuk Mencegah Banjir. Klikhijau.com, dilihat 7 Januari 2022, https://klikhijau.com/read/pohon-pohon-yang-andal-menyerap-dan-menyimpan-air-untuk-mencegah-banjir/

WEB. Lirik Silampukau. Silampukau.com, dilihat 7 Januari 2022, https://silampukau.com/lirik/

WEB. Manfaat Pohon bagi Kehidupan Kita. Bogorkab.go.id, dilihat 7 Januari 2022, https://bogorkab.go.id/post/detail/manfaat-pohon-bagi-kehidupan-kita

 

Leave Comment

@UniVfajar

Press ESC to close