Tulis & Tekan Enter
Logo
images

MERAYAKAN INTERNATIONAL BAT NIGHT DAN MENGUAK BEBERAPA FAKTA MENARIK TENTANG KELELAWAR

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Kalau Unifers mengonsumsi aplikasi TikTok, kamu pasti pernah melihat salah satu video yang menjadi FYP. Pemilik video tersebut menuliskan, jika orang-orang yang melihat videonya harus mengingat tanggal 27 Agustus. Beberapa pengguna TikTok pun mulai berspekulasi. Apalagi setelah salah satu film pernah memprediksi Donald Trump akan meninggal di tanggal tersebut.

Nah, selain ada video heboh soal 27 Agustus, di tanggal ini juga ada perayaan International Bat Night nih, Unifers. Kita sendiri tahu kalau kelelawar ini merupakan salah satu binatang yang cukup unik karena tidurnya terbalik. Sebagai perayaannya, kami akan memberikanmu beberapa fakta menarik soal kelelawar. Siapa tahu ini bisa menjadi pengetahuan baru buat kamu ya setelah ini~

1. Bayi Kelelawar Belajar Mengoceh Layaknya Bayi Manusia

Babbling atau yang biasa dikenal sebagai mengoceh cukup umum dalam tumbuh kembang seorang bayi. Tapi ternyata bukan hanya bayi manusia loh Unifers, yang biasa mengoceh. Bayi kelewar pun demikian nih.

Sebagaimana yang dituliskan oleh National Geographic, sebuah penelitian di Jerman menghasilkan fakta bahwa ontogeni pada bayi kelelawar bersayap besar liar, setidaknya di beberapa daerah di sekitar Kosta Rika dan Panama menunjukkan bayi kelelawar mengoceh juga seperti yang dilakukan oleh bayi manusia.

2. Posisi Tidur Terbalik Membuat Kelelawar Lebih Aman

Ciri yang paling terlihat dari kelelawar adalah ia tidur dalam posisi terbalik dan hanya aktif pada malam hari. Kalau mau lihat mereka tidur bergelantungan, cobalah main ke Kabupaten Soppeng. Sebagai kabupaten yang punya julukan Kota Kalong, di sana kamu bisa dibuat pusing dengan perilaku kelelawar tersebut.

Ternyata, beberapa ilmuan menyimpulkan jika posisi terbalik dengan kepala ke bawah dan kaki menggantung di dahan pohon itu berguna bagi kelelawar untuk terbang dan lepas landas. Jadi posisi ini secara ilmiah membuat mereka lebih mudah ketika akan memulai aktivitasnya pada malam hari. Selain karena buat nyaman, posisi kelelawar ini mampu membuat mereka aman dan terhindar dari predator pada siang hari.

Terakhir, posisi unik ini memang dilakukan kelelawar agar mereka bisa menghemat energinya. Karena otot tendon bagian kaki bawah kelelawar akan otomatis tertarik oleh berat tubuh mereka yang disesuaikan dengan gravitasi. Otot itulah yang nantinya menarik kelelawar untuk mencengkram kuat ranting tempatnya bobo~

3. Kelelawar Butuh Oksigen Lebih Banyak

Kelelawar ini kan termasuk mamalia ya, Unifers. Ternyata, kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang punya kemampuan terbang. Tapi jangan salah. Karena kemampuan ini, kelelawar pun membutuhkan banyak oksigen saat mereka harus terbang. Setidaknya butuh 24ml oksigen per gram bobot tubuhnya saat terbang dan saat tidak terbang, butuhnya sekitar 7 ml oksigen per gram bobot tubuh saja.

Nah, silakan dikira-kira sendiri tuh Unifers, berapa oksigen yang seekor kelelawar perlukan jika bobotnya 50 kg kayak manusia~ Agak mustahil sih hehe..

4. Kelelawar Aktif di Malam Hari

Kelelawar juga adalah binatang yang aktifnya di malam hari aja. Tapi mereka ngga ngopi atau banyak tugas ya sampai harus begadang. Pola tidur mereka yang tidak sama dengan manusia dan binatang lain pada umumnya. Istilahnya nih si kelelawar ngga bisa bobo malam. Bobonya mereka itu siang~

Ada loh alasan logis kenapa mereka aktifnya pas malam hari. Pertama, karena kalau siang itu kan sinar mataharinya lumayan ya, nah sayap si kelelawar ini justru lebih banyak menyerap panas dari pada mengeluarkan panas. Sayapnya kan hanya selaput kulit tipis, jadi sangat rentan terkena sinar matahari.

Alasan kedua, kelelawar itu sudah mengalami yang namanya proses adaptasi khusus. Jadi mereka memiliki indera yang sangat mendukung kalau aktivitasnya tuh pas malam hari aja. Biar dapat menghilangkan persaingan hewan diurnal, seperti burung. Jadi kalau burung nyari makan pada pagi sampai sore, ya kelelawar gilirannya pas malam biar semua kebagian~

Wah unik juga binatang satu ini. Udah bisa terbang, mirip manusia, bobonya terbalik, serta aktifnya di malam hari aja udah kayak mahasiswa dikejar deadline yang jam tidurnya amburadul~ Semoga bermanfaat, Unifers!


TAG

Tinggalkan Komentar