Tulis & Tekan Enter
Logo
images

NGOBROLIN SOAL FOMO YUKS

Penulis: Mariesa Giswandhani

Halo Unifers, tahu tidak tentang istilah FOMO? Fears Of Missing Out. Dikutip dalam salah satu jurnal yang terbit di tahun 2019, FOMO adalah bentuk kecemasan seseorang ketika ia merasa tidak update tentang tren terbaru, atau tidak mengetahui apa sih yang lagi viral di media sosial. Ini merupakan salah satu bentuk ketergantungan terhadap tren media sosial. Bila kita melihat FOMO selama pandemi Covid19, dapat diurutkan tren seperti bersepeda, webinar, dan challenge konten media sosial menjadi hal tiba-tiba populer hampir di seluruh kalangan. Dikutip dari Alodokter secara umum, FOMO dapat diartikan sebagai rasa takut ketinggalan zaman. Istilah ini pertama kali dikemukakan pada tahun 2013 oleh seorang ilmuwan asal Inggris bernama Dr. Andrew K. Przybylski.

FOMO dan Media Sosial?

Media sosial jadi ajang pamer nih Unifers, semuanya wajib di post, supaya teman-teman jagad maya kita tahu apa yang lagi kita suka dan barang baru apa yang kita punya. Bahkan terkadang itu hanya sekedar kebutuhan konten atau media sosial saja, tidak sesuai dengan kenyataan. Hal ini bisa membuat sebagian orang merasa iri atau membandingkan hidupnya dengan hidup orang lain, bahkan menjadikan seseorang untuk terus merasa ingin tahu tentang apa saja yang orang lain bagikan di media sosialnya.

Orang yang mengalami FOMO akan merasa tidak gaul atau merasa sangat ketinggalan zaman kalau belum update tentang hal baru di media sosial. Perasaan ini sering kali menimbulkan kecemasan yang berlebihan terhadap kehidupannya.FOMO juga bisa membuat orang merasa lemah atau stress ketika jauh dari gadget atau kalau seharian tidak buka media sosial. Bahaya nih, kuota habis, bisa marah-marah. Haha…

Dampak Negatif dari FOMO Buat Kesehatan Apa Sih?

  1. Perasaannya Selalu Negatif

Banyak riset nih yang membuktikan kalau kecanduan gadget dan media sosial sebenanrnya membuat kamu merasa kesepian dan suka berpikiran negatif. Misalkan ketika kamu tahu teman-temanmu lagi jalan bareng di media sosial, dan kamu tidak di ajak.

Survei menunjukkan bahwa 60% remaja akan merasa khawatir ketika mengetahui temannya bersenang-senang tanpa dirinya. Perasaan tersebut bisa saja muncul akibat FOMO.

  1. Makin Tidak Percaya Diri

Selalu melihat postingan atau unggahan orang lain, kadang buat kita insecure kan? Iya apa Iya? Jangan insecure dong, atau merasa terlalu merendahkan diri sendiri kalau ngelihat postingan orang lain. Tapi ini fakta lho, terlalu sering melihat postingan yang tidak sesuai dengan kelas diri kita, bisa membuat rasa percaya diri menurun yang akibatnya membandingkan diri sendiri, merasa kurang, atau justru memaksakan diri untuk terlihat sama dengan apa yang ada di media sosial. Ini bisa mengganggu psikologis kamu Unifers!

  1. Mengganggu produktivitas

Jika sudah mengalami FOMO dan kecanduan ponsel, seseorang bisa menjadi lupa diri dan seakan-akan memiliki dunia sendiri dan jadinya kamu Cuma sebagai penikmat atau konsumen media sosial saja, dan produktivitas harian kamu terganggu karena asik scroll media sosial sampai lupa tugas kuliah dan teman dunia nyatamu. Jangan sampai FOMO yah Unifers, yang normal-normal aja!


TAG

Tinggalkan Komentar