Tulis & Tekan Enter
Logo
images

POSITIF NEGATIF MENJADI MAHASISWA KUPU-KUPU, KURA-KURA, KUNANG-KUNANG, KUDA-KUDA, DAN KUSEM-KUSEM. KAMU YANG MANA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Hallo, Unifers! Artikel hari ini spesial diperuntukan untuk kamu yang berada di antara kelima jenis tipe mahasiswa ini. Bagi banyak orang, menjadi mahasiswa itu akan penuh dengan banyak kegiatan menyenangkan. Eits, tunggu dulu!

Sebagai mahasiswa sekaligus manusia bebas, kamu pasti juga bisa punya pilihan mau jadi tipikal mahasiswa seperti apa. Semua keputusanmu tentu saja akan diiringi dengan konsekuensi serta manfaat. Lantas apa saja sih itu? Ini dia pembahasannya!

1. Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah Pulang-Kuliah Pulang)

Mahasiswa tipikal ini biasanya dikenal sebagai mahasiswa yang rajin, tidak pernah bolos meskipun dosennya killer atau mata kuliahnya membosankan. Karena eh karena, mahasiswa ini akan fokus kuliah, mendapatkan IPK tinggi, bahkan bermimpi untuk dapat beasiswa biar bisa lanjut kuliah lagi.

Karena terlalu fokus belajar, banyak dari mahasiswa kupu-kupu akan abai pada sekitarnya. Banyak, bukan berarti semua loh ya. Kalau kamu adalah tipikal ini dan kamu tetap peduli sama sekitarmu, sangat tidak menjadi masalah.

Nah, biasanya lagi, mahasiswa kupu-kupu ini juga aktif menjadi freelancer di mana-mana saking pintar dan mampu mengatur waktunya. Nilai positifnya tentu mereka harusnya bisa dapat nilai bagus, lulus tepat waktu, punya jajan tambahan karena kerjaan freelance-nya. Hanya negatifnya, mungkin bisa jadi mahasiswa tipikal ini suka tertutup sama orang lain karena terlalu fokus mengejar tujuannya.

2. Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah Rapat-Kuliah Rapat)

Mahasiswa jenis kedua haruslah memiliki organisasi minimal satu. Namanya juga mahasiswa kuliah rapat-kuliah rapat. Kalau ngga kuliah ya rapat di himpunan, BEM, UKM, atau di manalah itu. Ciri mahasiswa ini adalah kamu akan jarang melihat batang hidungnya. Sebab begitu kuliah selesai, mereka akan langsung menuju rumah keduanya, ya organisasi~

Positifnya, mahasiswa ini akan punya cukup banyak jejaring. Teman-temannya banyak. Jadi, kalau ban motornya kempes ya tinggal telpon aja, bosku. Nah, negatifnya, mereka kadang suka bolos kuliah demi menghadiri rapat atau acara organisasi. Alhasil dihitung absen dan lupa kumpul tugas deh. Tapi ingat, tidak semua~

3. Mahasiswa Kunang-Kunang (Kuliah Nangkring-Kuliah Nangkring)

Mahasiswa tipikal ini ya doyan nongkrong. Biasanya mereka bikin geng-geng. Karakteristik dari mahasiswa jenis ini adalah tiap kuliah beres, mereka akan cabut ke tempat nongkrong atau makan siang di mall, atau liburan semester jalan-jalan ke luar kota bahkan ke luar negeri.

Pokoknya beres kuliah atau ada jeda sejam dua jam ya duduk-duduk cantik ganteng dulu lah di mana kek yang penting bukan di kampus dan lihat papan tulis lagi. Positifnya, mahasiswa ini biasanya cenderung orang-orang yang YOLO banget, alias menikmati hidupnya. Mereka barangkali tahu hidup ini singkat dan yang bertahan lama itu cuma kekayaan Rafatar. Jadi, ya, selagi bisa kenapa tidak dinikmati?

Sementara negatifnya, bisa dibilang lingkaran pertemanan mereka kecil. Karena punya geng yang kadang diisi sama cowok cewek minimal 5 maksimal tidak terbatas, mereka akan dengan selektif memilih teman. Ya harus dong ya, setidaknya punya gaya hidup yang setaralah sama mereka. Gitu deh~~

4. Mahasiswa Kuda-Kuda (Kuliah Danus-Kuliah Danus)

Ih ini miris sih bagi orang awam tapi menyenangkan buat mereka yang join pada tipikal ini. Bagaimana tidak, mereka adalah orang-orang yang punya organisasi, masuk sebagai anggota bahkan ketua dari Divisi Dana dan Usaha. Buat yang tidak tahu Danus itu ngapain, ya intinya sih berusaha dan mencari dana buat kegiatan organisasi.

Caranya beragam, mulai dari jualan risol, buat bazar dan jual kupon, jualan di lampu merah, jualan baju bekas, dan lain sebagainya. Apa pun demi uang terkumpul. Positifnya, mereka akan lebih mengerti cari uang itu susah bos, makanya jangan dihambur. Negatifnya ya barangkali akan melelahkan sekali kerjanya. Punya uang itu kan asyik ya, nyarinya yang susah~

5. Mahasiswa Kusem-Kusem (Kuliah Seminar-Kuliah Seminar)

Mahasiswa tipikal ini adalah mereka yang suka ikutan seminar. Bukan tanpa alasan yang kuat. Nasi kotak (apalagi buat anak kosan yang malas masak dan tak punya mejikom) dan sertifikat gratis adalah kunci. Pengetahuan dari seminar sih belakangan. Cirinya? Kamu lihat saja temanmu yang punya sertifikat seminar terbanyak~

Positifnya menjadi mahasiswa kusem-kusem adalah mereka akan punya sertifikat yang sangat menunjang ketika mendaftar magang, beasiswa, atau kegiatan lain yang relavan dengan kegiatan seminar tersebut. Jadi boleh dikata administrasinya udah pasti lolos, Unifers. Negatifnya, mungkin saja banyak dari mereka yang saking sukanya seminar, kalau ada yang bertepatan sama jam kuliah ya bolos aja dulu sekali dua kali~ biasanya loh ya seperti itu.

Tapi jangan diikuti ya, Unifers. Semua yang baik-baik dari masing-masing tipikal tadi diambil dan jangan sesekali mengikuti yang buruk-buruknya. Biar lebih mantap lagi, coba jawab, kamu kira-kira tipikal yang mana nih?


TAG

Tinggalkan Komentar