Tulis & Tekan Enter
Logo
images

PUNYA MAKNA MENDALAM, INI INTERPRETASI DARI LAGU HEY JUDE MILIK THE BEATLES

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Hey Jude, don't make it bad. Take a sad song and make it better.
Remember to let her into your heart,
Then you can start to make it better

Tanggal hari ini adalah tanggal dimana lagu Hey Jude dirilis. Umur lagu ini bahkan sudah 53 tahun nih. Bagi kamu pecinta lagu-lagu The Beatles, Hey Jude tentu bukan lagi lagu yang baru, bukan, Unifers? Ditulis oleh Paul McCartney, lagu ini tidak ada bedanya dari lagu-lagu The Beatles yang lain, penuh magis dengan makna yang disampaikan secara sangat sederhana oleh penyanyinya.

Sebenarnya Hey Jude pertama kali diciptakan oleh Paul khusus buat anak John Lennon bernama Julian. Seperti yang diketahui, Julian menjadi sangat tertekan dan sedih ketika ayahnya memutuskan bercerai dengan ibunya karena berselingkuh dengan Yoko Ono. Hal ini disampaikan oleh Paul dalam bukunya yang berjudul An Intimate Life of McCartney.

Makna Awal Lagu Hey Jude Diciptakan

Kata Hey Jude adalah pelesetan dari hey jules, nama panggilan Julian. Sempat menuai kontroversi karena dinilai Jude dalam bahasa Jerman berarti Yahudi, lagu Hey Jude nyatanya masih membekas hingga saat ini dan akan menyenangkan kamu dengarkan sebagai lagu lawas.

Bait awal dari Hey Jude yang kami tuliskan sebelumnya memiliki pesan untuk Julian, anak pertama John Lennon dan Cynthia untuk tidak larut dalam kesedihannya. Remember to let her into your heart bisa dikatakan merujuk pada nasihat Paul agar Julian mampu membiasakan diri dan menerima Yoko Ono sebagai ibu tirinya. Menurut Paul, dengan menerima semua kenyataan tersebut, Julian akan bisa memperbaiki semuanya.

Interpretasi Hey Jude dalam Hidup Manusia yang Kian Berat

Unifers, hidup semakin lama semakin berat. Kalau kita tidak punya persiapan yang cukup untuk melewatinya, kita bisa tergerus secara perlahan. Tenggelam dalam overthinking, insecure, dan ketidakmampuan diri menerima apa yang seharusnya sudah jadi takdir kita.

Lagu Hey Jude tidak tercipta semata-mata untuk Julian. Bisa saja Julian adalah kita semua. Bisa saja Jude dalam lagu ini adalah kita semua. Sebelum melangkah, mari lihat dulu lirik Hey Jude secara lengkap.

Hey Jude, don't make it bad.
Take a sad song and make it better.
Remember to let her into your heart,
Then you can start to make it better.
 

Hey Jude, don't be afraid.
You were made to go out and get her.
The minute you let her under your skin,
Then you begin to make it better.

And anytime you feel the pain, hey Jude, refrain,
Don't carry the world upon your shoulders.
For well you know that it's a fool who plays it cool
By making his world a little colder.

Hey Jude, don't let me down.
You have found her, now go and get her.
Remember to let her into your heart,
Then you can start to make it better.

So let it out and let it in, hey Jude, begin,
You're waiting for someone to perform with.
And don't you know that it's just you, hey Jude, you'll do,
The movement you need is on your shoulder.

Hey Jude, don't make it bad.
Take a sad song and make it better.
Remember to let her under your skin,
Then you'll begin to make it
Better better better better better better, oh.

Na na na nananana, nannana, hey Jude...

Pada paragraf pertama, kita bisa menginterpretasikannya dengan bebas sebagai bagian dari lagu yang meminta kita untuk merasakan kesedihan. Sebab dengan menahannya serta tidak mengakuinya, bisa membuat kita semakin tersiksa. Unifers, lagu ini mau bilang sama kamu kalau tidak apa-apa kamu mendengarkan lagu sedih ketika kamu sedih. Tidak ada masalah, selama itu bisa membuatmu jauh lebih baik setelahnya.

Setelah kamu menolak apa pun yang datang padamu, sekarang cobalah untuk menerimanya. Remember to let her into your heart. Her dalam lagu ini bisa dimaknai literal sebagai perempuan, kekasih, ibu, atau siapa pun. Her pun bisa kita maknai sebagai “sesuatu”. Jadi biarkan sesuatu itu masuk ke dalam hatimu setelah kamu selesai mendengarkan lagu-lagu yang akan membuatmu berangsur-angsur sembuh.

Masuk pada paragraf ketiga, kamu bisa membayangkan jika Paul menulis itu agar semua orang yang mendengarkannya ketika merasakan sakit bisa menahan diri atau bisa dimaknai mengulangi kembali. Artinya, rasa sakit yang tak terhindarkan itu, Unifers, jangan sampai membuatmu terjatuh atau terjerumus ke hal yang negatif. Ketika rasa sakit itu datang bersama kekecewaan, bersedihlah, nikmati waktumu, lalu bangkit dan ulangi prosesnya tapi dengan mempertimbangkan kegagalannya. Semua bukan tidak mungkin jika kamu mau.

Jadi itulah tadi pemaknaan bebas dari lagu Hey Jude. Semoga ada yang bisa dijadikan pelajaran dari mendengarkan lagu lawas The Beartles ini ya, Unifers. Cheers!


TAG

Tinggalkan Komentar