Tulis & Tekan Enter
Logo
images

YANG TERJADI JIKA HARIMAU PUNAH KARENA DIHABISI OLEH MANUSIA

Penulis: Nurul Fadhillah S.

Hari Harimau ditetapkan pada tanggal 29 Juli setiap tahunnya. Penetapan hari harimau ini berawal dari International Tiger Summit atau Konservasi Harimau Internasional pertama pada November, 2010, di Saint Petersburg, Rusia. Tujuan diperingatinya hari harimau ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia terhadap upaya konservasi sekaligus untuk mengingatkan bahwa populasi harimau di dunia mengalami penurunan drastis setiap tahunnya.

Harimau yang hidupnya berkelompok dalam jumlah besar membutuhkan habitat yang sangat luas untuk memudahkan mereka dalam mencari makanan. Namun, kini habitat mereka mengalami penyempitan akibat penebangan hutan atau deforestasi yang dilakukan oleh tangan-tangan manusia. Harimau termasuk apex predator atau yang kita kenal sebagai hewan pemangsa yang berada di puncak rantai makanan. Ini berarti hidup harimau sangat bergantung pada hewan lainnya dan deforestasi yang dilakukan manusia juga sekaligus membuat mereka kehilangan mangsanya. Belum lagi harimau yang sering menjadi incaran perburuan liar untuk dimanfaatkan kulit sampai ke tulang-tulangnya makin memperburuk keadaan. Sungguh manusia ini rakus sekali.

Kalau Harimau punah memangnya kenapa sih? Kenapa kita harus peduli?

Keseimbangan Ekosistem Terganggu. Jika harimau tidak lagi ada, maka keseimbangan ekosistem akan terganggu. Jika keseimbangan ekosistem terganggu hidup manusia akan menghadapi masalah besar. Harimau merupakan predator tertinggi. Hilangnya harimau akan menyebabkan trophic cascade, sebuah fenomena ketika jumlah satwa yang berada di bawah rantai makanan harimau akan melimpah.

Hutan Tidak Tumbuh. Jika hewan herbivor yang menjadi makanan harimau banyak, mereka akan membutuhkan tumbuhan dalam jumlah yang banyak juga. Jadinya, hutan tidak akan tumbuh dan melakukan regenerasi dengan sempurna.

Kita Kehilangan Oksigen. Jika hutan tidak tumbuh, manusia kehilangan produsen oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas.

Kebutuhan Protein Kita Terganggu. Meningkatnya populasi herbivor juga membuat persaingan mendapat makanan dengan hewan ternak menjadi tinggi. Jika hewan ternak kehilangan pakan, hewan ternak akan punah. Jika hewan ternak punah, kebutuhan protein manusia pun akan terganggu.

Jadi, Unifers, betapa pentingnya harimau untuk keberlangsungan hidup kita. Menghabisi harimau sebenarnya sama saja dengan menghabisi diri manusia itu sendiri. Harimau belum punah, tapi ini tidak akan berlangsung lama jika manusia masih belum juga sadar diri. Semoga tidak terlambat.


TAG

Tinggalkan Komentar